Home News 10 Gitar Termahal di Muka Bumi

10 Gitar Termahal di Muka Bumi

0

ZonaGitar.com – gitar adalah alat musik yang sangat populer dan sudah diakui sebagai alat musik pengiring utama untuk lagu-lagu seperti blues, bluegrass, country, flamenco , folk , jazz , Jota, mariachi, metal, punk , reggae, rock, soul, dan berbagai bentuk musik pop.

harga gitar umumnya sekitar $100 – $100.000 atau lebih, tergantung merek dan kualitas. Namun ada beberapa gitar yang dibandrol dengan haraga yang terbilang waw mahalnya bahkan ada yang menyampai angka jutaan dolar.

berikut daftar gitar termahal yang pernah di jual di muka bumi.

  1. Fender Stratocaster (Reach Out to Asia)

Gitar ini terjual seharga 2,7 juta dolar Amerika dalam sebuah acara penggalangan dana untuk korban tsunami bertajuk “Reach Out to Asia” yang mengoordinasi Bryan Adams di Qatar pada tahun 2005. Gitar ini memiliki harga melambung, karena gitar ini ditandatangani oleh beberapa musisi dunia kelas atas seperti: Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard dan Bryan Adams sendiri. Awalnya dibeli oleh keluarga kerajaan Qatar $ 1 juta dan kemudian disumbangkan untuk amal, setelah itu dijual lagi dengan harga $, 2,7 juta yang berarti bahwa gitar telah menghasilkan total $ 3.700.000 dolar untuk amal. Fantastis!

2. Stratocaster 1968 (Jimi Hendrix)

Gitar warna Olympic White dengan nomor seri 240981 merupakan gitar favoritnya. Gitar tersebut adalah gitar yang mainkan Hendrix di Woodstock Festival tahun 1969. Jimi Hendrix memainkan berbagai gitar sepanjang karirnya, namun instrumen yang paling melekat dengannya adalah Fender Stratocaster. Gitar Stratocaster 1968 ini, dibeli oleh Paul Allen dari Microsoft pada tahun 1998 sebesar $ 2.000.000 dan ditempatkan di Experience Music Project di Seattle, Washington, kampung halaman Hendrix. Museum ini dipersembahkan untuk menyoroti sejarah Jimi Hendrix serta “rock and roll” pada umumnya.

3. Washburn 22 Series Hawk Custom (Bob Marley)

Gitar ini di lelang pada acara amal yang bernama “Different Journeys, One Destination” didirikan oleh Gary “Sir Johan” Karlsen III yang merupakan satu-satunya orang yang telah diberi sebuah gitar oleh Bob Marley. Selain masih ada hubungan keluarga, Gary juga mantan rekan band Bob.

Instrumen ini dikategorikan sebagai aset nasional oleh pemerintah Jamaika dan merupakan salah satu dari tujuh gitar yang dimiliki oleh ikon reggae, Bob Marley. Namun demikian tidak ada harga pasti untuk gitar ini, diperkirakan harganya mencapai angka 1,2-2 juta dollar Amerika.“BLACKIE” Seputar tahun 1956 dan 1957, Komposit Fender Stratocaster (Eric Clapton)

4. “Blackie” adalah julukan yang diberikan oleh Eric Clapton untuk gitar favoritnya Fender Stratocaster, diberi nama demikian karena warnanya hitam.

Cerita berawal saat Eric ingin mengganti gitar Gibson dengan Startocaster pada tahun 1970.

Eric membeli enam Fender Stratocaster dari toko gitar Sho-bud saat tur dengan Dominos di Nashville, Tennessee. Dia memberikan satu untuk George Harrison, Steve Winwood dan Pete Townshend. Kemudian dari ketiga gitar yang tersisa yaitu, Strat tahun 1956-1957, dia mengambil bagian komponen yang terbaik dari gitar tersebut dan bersama Luthier Nashville Ted Newman Jones merakit “Blackie”.

Stratocaster “Blackie” digunakan sebagai gitar solo tunggal Eric Clapton dan rekaman di studio selama 15 tahun karirnya, mulai dari tahun 1970 sampai akhir tahun 1985.

Pada 24 Juni 2004 Clapton menjual “Blackie” di balai lelang Christie, New York, AS.

Pemenang lelang adalah toko retail alat musik, Guitar Center. Sekarang gitar tersebut di display di toko andalan Guitar Center di 218 W. 44th Street in Times Square, New York Amerika Serikat.

Saat itu “Blackie” memecahkan record dunia sebagai gitar dengan tawaran termahal di dunia, terjual dengan harga fantastis $959.500. Hasil lelang digunakan untuk biaya perawatan pecandu narkoba dan alkohol di fasilitas rehabilitasi Crossroads Centre, miliknya.

5. Gibson ES-335 TDC 1964 (Eric Clapton)

Dibeli oleh Eric Clapton pada tahun 1964, dan dia telah menggunakan ES-335 selama karirnya dari mulai The Yardbirds , Cream, John Mayall Bluesbreakers, Blind Faith, dan seluruh karir solo-nya. Clapton menggunakan ES-335 secara luas saat sesi rekaman dengan Blind Faith di Morgan & Olympic Studio, dan juga di atas panggung selama tour di Skandinavia dan Amerika.

Gitar milik Eric Clapton ini sering digunakannya di tahun 1964 tapi sangat jarang disentuh di tahun-tahun berikutnya. Gitar ini terjual seharga 847.500 dolar Amerika.

6. CF Martin & Co 1939 (Eric Clapton)

Ketika Martin membuat Eric Clapton signature model 000-42EC, Eric Clapton meminta agar gitar yang dibuat harus berdasarkan pada struktur pre-war yaitu 000-42.

Gitar ini muncul diatas pangggung pertama kali pada acara pembukaan pre-war Blues di Royal Albert Hall pada February/March 1993.

Karir Clapton mengalami kebangkitan di tahun setelah merilis hit acoustic ballad, “Tears in Heaven.” Salah satu momen penting dalam karirnya adalah saat Clapton perform all-acoustic set di MTV Unplugged menggunakan guitar ini.

Gitar keluaran tahun 1939 ini terjual seharga 791.500 dollar Amerika dalam sebuah acara penggalangan dana untuk yayasan Crossroads Rehabilitation Center milik Eric Clapton.

7. Gibson SG 1965 (George Harrison dan John Lennon)

Gibson SG 1965 ini digunakan oleh The Beatles antara tahun 1966 dan 1969. George Harrison memakainya ketika rekaman dan tur album “Revolver” dan juga John Lennon selama sesi album “White”. Gitar ini terjual seharga US $570.000 di balai lelang Christie.

Harrison memberi gitar untuk Pete Ham, seorang penulis lagu dan gitaris, yang sudah terkenal karena telah memimpin penyanyi/komposer dari group rock Badfinger tahun 70-an.

Setelah kematian Ham pada tahun 1974, gitar tersebut disimpan selama 28 tahun oleh saudaranya John Ham. Gitar ini ditemukan kembali saat persiapan untuk retrospektif Badfinger di Hall of Fame pada tahun 2002 dan sejak itu dipinjamkan untuk Rock and Roll Hall of Fame.

8. Gold Leaf Stratocaster (Eric Clapton)

Pada tahun 1996, saat perayaan HUT Fender yang ke-50 tahun (1946-1996), Eric Clapton meminta Fender Custom Shop membuat gitar yang bisa bertahan lama, yang rencananya akan disimpan di museum pribadinya. Fender kemudian membuatkan sebuah gitar Gold Leaf Stratocaster yang di kerjakan oleh Master Builder Mark Kendrick yang hardware-nya terbuat dari lapisan emas 23 karat dan gitar ini digunakan Eric pada Legend Tour di tahun 1997 dan pada tahun 2001 dengan One More Car, One More rider tour. Setelah itu gitar ini terjual dengan harga mencapai US $455,000 di balai lelang Christie pada 24 Juni 2004 saat lelang amal untuk rumah sakit rehabilitasi Crossroads Center.

9. Brownie Stratocaster (Eric Clapton)

Gitar ini dikenal dengan sebutan “Layla Stratocaster” dan terkenal setelah tampil di bagian sampul album Derek & the Dominos, Layla dan Other Assorted Love Songs.

“Brownie” adalah gitar favorit dan Stratocaster pertama yang dimiliki Eric Clapton, diberi nama demikian karena finishingnya berwarna brown sunburst.

Pada 24 Juni 1999 Clapton menjual gitar tersebut melalui balai lelang Christie di New York City untuk membantu mengumpulkan dana untuk biaya perawatan ketergantungan alkohol dan obat, di Crossroads Centre miliknya. Brownie terjual dengan harga US $497.500 dan menjadi gitar paling mahal saat itu. Sekarang, Brownie ada di museum Experience Music Project milik Paul Allen (salah satu pendiri Microsoft) di Seattle, Washington, Amerika Serikat.



10.Fender Komposit Stratocaster 1965 (Stevie Ray Vaughan), Sekitar tahun 1965-an

Gitaris blues Stevie Ray Vaughan menerima Fender Komposit Stratocaster 1965 ini dari istrinya Lenny di tahun 1980 sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-26.

Gitar ini digunakan pada rekaman lagu Riviera Paradise dirilis pada tahun 1989, album In Step, dan ia selalu menggunakan gitar ini di atas panggung setiap kali ia bermain Riviera Paradise

Gitar ini merupakan salah satu gitar favoritnya dan sering ia gunakan di setiap kesempatan hingga kematian menjemputnya pada tahun 1990. Gitar tersebut di sumbangkan dalam acara amal Crossroads oleh saudaranya (Jimmy), dibalai lelang Christie dan menurut beberapa sumber, “Lenny” terjual seharga 623.500 dollar Amerika, dibeli oleh Guitar Center 24 Juni 2004 pada saat lelang di balai Christie.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here